Oleh_Bappelitbangda // April 18, 2024
Bappelitbangda. Flores Timur, Larantuka – Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Tahun 2025 yang diselenggarakan pada Kamis, 18 April 2024 bertempat di Aula Koperasi Gelekat Nara Larantuka. Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si dalam kegiatan ini memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah. Dalam sambutannya ditegaskan oleh Bapak Penjabat Bupati bahwa Forum Perangkat OPD ini adalah wadah strategis untuk menampung berbagai aspirasi, keluhan, dan harapan masyarakat untuk dapat diproses tepat pada waktunya dan tepat pada forumnya. Forum ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Drs. Petrus Pedo Masran, M.Si, Para Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Staf Ahli Bupati Flores Timur, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Kepala Bagian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Flores Timur, Para Camat se kabupaten Flores Timur serta Stakeholder lainnya.
Forum ini menjadi peluang untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah/lintas perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD dan menjadi koridor untuk merumuskan Rencana Kerja Kabupaten Flores Timur yang searah dengan tema RKPD tahun 2025 ‘Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Peningkatan Produktivitas”
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima, SE, M.Si dalam paparan materinya tentang pendekatan tematis terkait prioritas pembangunan. Penegasan yang disampaikan adalah bahwa sasaran utama dari prioritas-prioritas pembangunan ini terletak pada peningkatan kualitas sumber data manusia dan penignkatan ekonomi masyarakat yang harus didukung oleh infrastruktur yang handal; lingkungan yang kondusif dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.
Pada kesempatan sidang pleno pemaparan Rencana Kerja Perangkat Daerah setiap OPD yang terkait bidang koordinasi prioritas pembangunan diberikan kesempatan untuk menyampaikan presentasi terkait fokus dan lokus kegiatan yang direncanakan untuk dilaksanakan tahun 2025.
Keempat prioritas pembangunan dengan OPD penanggungjawab:
- Peningkatan Ekonomi Inklusif dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP
- Sumber Daya Manusia berkualitas dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kesehatan, RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, RS Pratama Adonara, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
- Infrastruktur dan Lingkungan Hidup dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dan Dinas Lingkungan Hidup
- Tata Kelola Pemerintahan dari Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah, Inspektorat Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kecamatan-kecamatan
Adapun tujuan dari presentasi singkat ini adalah untuk menginformasikan aksentuasi kegiatan OPD pada RKPD tahun 2025 dan untuk dapat menjadi publisitas umum sehingga kolaborasi dan sinkronisasi antar dan lintas OPD dapat dibangun. Setelah presentasi dari masing – masing pimpnan OPD pada masing – masing prioritas dilanjutkan dengan diskusi untuk mendapatkan masukan dan saran dari peserta lainnya, kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan.